Rabu, 18 Mei 2016

Statistik Parametrik Uji 1 Sampel Dengan SPSS

Blog ini merupakan Lanjutan dari blog Statistik Parametrik yang akan membahas penyelesaian kasus Uji 1 Sampel dengan Software SPSS. 


Uji 1 sampel

Merupakan pengujian yang dilakukan haqnya berdasarkan pada satu sampel yang ada; seperti menguji apakah tinggi badan sekelompok pria adalah 170 cm. Untuk iti diambil satu sampel saja, missal 10 pria, atau 50 pria, atau sejumlah pria lainya.

Contoh Soal
Pada bulan Januari 2014, harga bibit bawang merah di Kabupaten Semarang yang semula Rp 7.000/Kg  menjadi sekitar Rp 13.000 – Rp 14.000/Kg. untuk mengetahui kebenaran terjadinya kenaikan tersebut, diambil 14 sampel penjual bibit bawang merah dengan hasil:

Dari data diatas, ujilah apakah memang terjadi kenaikan bibit bawang merah? Pengujian dilakukan untuk mengetahui apakah harga bibit bawang merah yang terkini masih di bawah Rp 13.000/Kg dengan menggunakan taraf nyata 5%. Daridata diatas, ujilah apakah memang terjadi peningkatan penjualan maksimal 10% ? Gunakan α = 5%.
Penyelesaian Dengan Software SPSS
langkah penyelesaiannya adalah:
ü  Masuk pada program SPSS kemudian atur Variable View baris pertama kolom name isi dengan penjualantype numeric, measure nominal.


ü  Kemudian masuk pada Data View, masukkan 14 data kenaikan harga penjualan pada kolom penjualan.

ü  Mulai mengolah data menggunakan menu analyze, kemudian compare means, dan pilih One Sampel T Test.

ü  Kemudian akan muncul jendela  One Sampel T Test seperti gambar berikut:

ü  Masukkan penjualan pada kolom Test Variables, kemudian masuk pada menu options


ü  Setelah selesai kemudian klik Continue, dan ok. maka akan muncul output:


Analisa Output
Dari hasil output program SPSS, untuk pengujian 1 sampel meggunakan uji t dua sisi, didapatkan N=14. Hal tersebut menunjukkan banyaknya sampel yang diuji. Sedangkan mean = 12446,43 dan St Dev = 1052,372 menunjukkan rata-rata hitung dan standar deviasi dari sampel. Dari program juga didapatkan nilai t sebesar -1,968 dan nilai sig sebesar 0,071.
Kesimpulan dapat ditarik dari perbandingan nilai t hitung dengan nilai t tabel, juga dapat ditarik dari perbandingan nilai sig dengan taraf nyatanya.
Analisa Berdasarkan nilai sig 0,071 t hitung = -1,968 2,160 maka H0 diterima. Jadi, memang kenaikan harga bibit bawang merah yang terkini masih dibawah 13000/kg.

Uji Dua sampel 
Uji Anova
Uji Chi Square



Tidak ada komentar:

Posting Komentar