Sabtu, 21 Mei 2016

Statistik Parametrik Uji 2 Sampel Dengan SPSS

Blog ini merupakan Lanjutan dari blog Statistik Parametrik yang akan membahas penyelesaian kasus Uji 2 Sampel dengan Software SPSS.


Uji 2 Sampel


Pada pemngujian dua sampel dibedakan menjadi sampel independen dan sampel dependen.Pengujian dua sampel independen adalahpengujian terhadap dua sampel yang tidak berhubungan satu dengan yang lain.
Asumsi pada pengujian dua sampel adalah :
a.         Kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal atau bisa dianggap normal.
b.        Varians kedua sampel sama ataubisa dianggap sama.
Jika asumsi tidak terpenuhi, dalam arti distribusi populasi jelas tidak normal, atau kedua varians sangat berbeda, maka bisa digunakan metode statistika nonparametrik.

Contoh Soal
Suatu studi dilakukan untuk meneliti kandungan sisa asam sorbat dalam daging ham. Dilakukan penyimpanan selama 60 hari, didapat hasilnya sebagai berikut:

Bila dianggap kedua populasi berdistribusi normal, apakah terdapat kenyataan yang cukup pada taraf nyata 5 % untuk menyatakan bahwa lamanya penyimpanan mempengaruhi konsentrasi sisa asam sorbat dalam ham.

Penyelesaian Dengan Software SPSS
Buka lembar kerja baru. Lembar kerja baru selalu dibuat jika ada pemasukan variabel yang baru. Pilih menu File-New-Data.


Atur Variable View baris pertama kolom name isi dengan sisa asam sorbat type numeric, measure nominal. Atur Variable View baris kedua kolom name isi dengan jumlah type numeric, measure scale.


Atur Variable View , Values
Kemudian masuk pada Data View, masukkan 16 data

Mulai mengolah data menggunakan menu analyze, kemudian compare means, dan pilih independent samples t test.

Kemudian akan muncul jendela  independent sampel t test, masukan jumlah pada kolom test variabel dan sisam asam sorbat pada grouping variabel seperti gambar berikut.

Kemudian pilih define groups dan isi data sebagai berikut.
Pilih options gunakan confidence interval percentage 95%.
Setelah selesai kemudian klik Continue, dan ok.
Menghasilkan Output.


Analisa Output
Suatu data studi untuk meneliti kandungan sisa asam sorbat dalam daging, dilakukan penympanan selama 60 hari. Dengan tingkat keyakinan 95% atau 0.05.
Pengujian dilakukan dengan uji t 2 sampel, karena sampel hanya berjumlah 8 dan dilakukan uji t dua sisi. Hipotesa awal adalah bahwa apakah ada perbedaan antara jumlah wisatawan mancanegara dengan wisatawan domestik. Jadi dilakukan pengujian statistik menggunakan bantuan program SPSS dan didapatkan hasil sebagai berikut: N1=8 merupakan banyak data pada sampel pertama, N2=8 merupakan banyak data pada sampel kedua. St Dev1 = 370,81 untuk standar deviasi sampel pertama dan St Dev2 = 225,79 untuk standar deviasi sampel kedua. Dari hasil output juga didapatkan nilai t hitung sebesar -1,29  dan nilai sig sebesar 0,555  dengan DF (Degree of Freedom) sebesar 14.
Pengambilan keputusan berdasarkan nilai sig, karena P/2 = 0.555 > 0,05 (pengujian dua sisi) maka H0 diterima. Jadi ada perbedaan antara kandungan sisa asam sorbat dalam daging ham sebelum disimpan dan setelah disimpan selama 60 hari.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar