Minggu, 15 Mei 2016

Statistika Deskriptif dengan Software SPSS

PART 1
Statistika deskriptif merupakan bagian dari Statistika yang mempelajari cara pengumpulan dan penyajian data sehingga mudah dipahami. . Statistika deskriptif berhubungan dengan menguraikan atau memberikan keterangan-keterangan mengenai suatu data keadaan. Statistika deskriptif lebih berhubungan dengan pengumpulan dan peringkasan data, serta penyajian hasil peringksan tersebut. Data-data statistik yang bisa diperoleh dari hasil sensus, survei atau pengamatan lainnya umumnya masih acak “mentah” dan tidak terorganisir dengan baik (row data). Data data tersebut harus diringkas dengan baik dan teratur, baik dalam bentuk tabel atau presentasi grafis sebagai dasar berbagai pengambilan keputusan (statistik inferensi).

Contoh kasus statistika deskriptif  adalah menghitung orang masuk dan keluar pada suatu tempat. Berikut contoh penggunaan SPSS untuk menyelesaikan masalah statistika deskriptif. Langkah – langkah sebagai berikut:
Data : 

Pengolahan Data SPSS
1.  Masuk pada program SPSS kemudian atur Variable View baris pertama kolom name isi dengan data, type numeric, measure nominal.

2.    Kemudian masuk pada Data View, masukkan 50 data jumlah kedatangan kendaraan pada kolom jumlah kedatangan.

3.   Mulai mengolah data menggunakan menu analyze, kemudian descriptive statistics, dan pilih frequencies.

4.    Kemudian akan muncul jendela  frequencies seperti gambar berikut

5.   Masukkan jumlah kedatangan pada kolom Variables, kemudian centang pada   Display frequencies table untuk memunculkan tabel frekuensi.

6.        Pilih menu Statistics, pada kolom Percentile Values pilih quartiles, dan percentiles 10, 25, 50, 75, dan 90. Pilih semua menu pada kolom Central Tendency, Dispersion,dan kolom Distribution.

Untuk melihat kelajutannya, silahkan klik PART 2
Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar